October 24, 2021
Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Kuning Selama Kehamilan

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Kuning Selama Kehamilan

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Kuning Selama Kehamilan – Penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan tubuh menjadi berwarna kuning. Warna kuning disebabkan karena zat yang bernama bilirubin. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk ketika regenerasi sel darah merah. Bilirubin selanjutnya dibawa oleh darah dan dapat dihilangkan di hati bersamaan dengan sel darah merah yang sudah tua.

Jika hal ini terjadi gangguan, maka bilirubin akan tetap berada di dalam darah. Bilirubin akan menyebar ke seluruh tubuh melalui sel darah merah dan mengakibatkan tubuh berwarna kuning. Warna kuning yang terlihat dikarenakan bilirubin tertumpuk di dalam jaringan tubuh.

Penyebab Dan Pengobatan Penyakit Kuning Selama Kehamilan

Penyakit kuning bisa disebabkan oleh apa saja, termasuk oleh adanya peradangan hati atau hepatitis. Peradangan hati yang ringan dapat dengan mudah disembuhkan dengan obat medis yang sesuai. Demikian juga dengan hepatitis.

Wanita yang pernah mengalami hepatitis atau peradangan hati, seharusnya selalu menjaga kondisi kesehatannya, terutama jika ingin hamil. Sebab penyakit kuning yang disebabkan oleh peradangan hati, dapat dengan mudah timbul kembali, walau sudah disembuhkan dengan obat.

Oleh karena itu, kesehatan ibu dan janin harus selalu dijaga dengan menjaga makanan yang teratur dan minum obat yang tepat ketika mengalami gangguan kesehatan.

Gangguan empedu juga dapat menyebabkan penyakit kuning pada ibu hamil. Gangguan empedu yang biasa tidak terlihat biasanya adalah adanya batu di saluran-saluran empedu dan di kandung empedu. Untuk itu perlu pengawasan yang ketat terhadap adanya batu empedu ini. Jika menimbulkan keluhan yang berat, sebaiknya segera diobati agar tidak mengganggu kehamilan.

Hormon wanita (estrogen dan progesteron) pada wanita akan meningkat karena kehamilannya. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pada saluran empedu. Akibatnya cairan empedu mengalami kesulitan untuk dikeluarkan dan menumpuk di kantungnya.

Penumpukan cairan empedu yang berlangsung lama, dapat mengakibatkan gejala gatal-gatal yang diikuti dengan menguningnya kulit dan selaput lendir. Terkadang juga diikuti dengan muntah dan rasa nyeri di perut sebelah kanan atas.

Cairan yang menumpuk di kandung empedu dapat menyebabkan infeksi kandung empedu. Keadaan ini dapat menyebabkan pembentukan batu empedu. Batu empedu yang terbentuk, terkadang sulit terdeteksi oleh sinar-X. Sehingga ketika difoto dengan menggunakan sinar-X, batu empedu sulit untuk terlihat.

Gejala batu empedu baru terlihat ketika mengalami kehamilan dan kemungkinan lainnya dapat menyebabkan gejala penyakit kuning. Penyakit kuning yang terjadi pada masa kehamilan yang seperti ini biasanya karena kuman, dan bukan karena virus.

Pemeriksaan kandungan harus dilakukan dengan hati-hati jika gejala gangguan kesehatan seperti ini menimpa wanita hamil. Salah satu pemeriksaan kehamilan yang harus dihindari adalah menggunakan sinar-X. Penggunaan sinar-X dalam beberapa kasus, dapat mengganggu kesehatan janin. Hal ini dapat mengakibatkan keguguran.

Kemungkinan alat yang paling aman untuk pemeriksaan kehamilan adalah menggunakan ultrasonografi. Penggunaan obat-obat juga harus diperhatikan diantaranya adalah pemilihan penggunaan antibiotik yang aman bagi ibu dan janin. Jika dibutuhkan tindakan operasi, lakukan pada kondisi yang tepat, baik ibu dan janin serta carilah dokter yang dapat menangani operasi bedah dan persalinan yang baik.

Baca Juga : Khasiat Manfaat Buah Sirsak
Penyebab Penyakit Kuning

Penyakit kuning selama kehamilan, dalam banyak kasus, sering disebabkan oleh penyakit hepatitis. Di negara maju di seluruh dunia, terdapat kejadian kurang lebih 0,1 %. Sedangkan di negara berkembang di seluruh dunia, terdapat kejadian 3-20 % atau lebih tinggi lagi.

Hal-hal lainnya yang menyebabkan terjadinya penyakit kuning selama masa kehamilan adalah :

1). Gangguan liver karena banyak minum alkohol, fatty liver, fatty liver akut dan lainnya.

2). Kanker hati

3). Kebanyakan mengkonsumsi parasetamol dapat menyebabkan gangguan liver dan menurunnya kemampuan untuk membuang atau menetralkan kotoran dapat menyebabkan penyakit kuning.

4). Malaria dapat menyebabkan gangguan hati dan menyebabkan sakit kuning

5). Kegemukan, penyakit berkurangnya kekebalan tubuh (autoimun) dan penyakit karena tingginya kadar kolesterol.
Tanda-Tanda Penyakit Kuning

Tanda-tanda yang umum dapat dilihat karena penyakit kuning :

1). Mata yang berwarna kuning

2). Kulit berwarna kuning

3). Urine berwarna gelap

4). Terasa mual dan lemas

5). Kepala pusing

6). Beberapa diantaranya menimbulkan panas

7). Ulu hati terasa keras
Obat Yang Aman

Berikut ini daftar obat medis yang aman untuk wanita hamil dengan penyakit hepatitis atau penyakit kuning. Penyakit kuning yang dimaksud di sini adalah yang disebabkan oleh penyakit hepatitis.

1). Antiemetics Promethazine

2). Metoclopramide

3). Ondansetron

4). Prochlorperzine

5). Antihypertensives

6). ACE inhibitors

7). Beta blockers

8). Calcium channel blockers

9). Anticoagulation Aspirin

10). Enoxaparin

11). Intrahepatic cholestasis

12). Ursodeoxycholic acid

13). S-adenosyl-L-methionine

14). Cholestyramine

Standar obat yang tercantum disini bersumber dari website patient.info yang merupakan standar obat amerika. Kami tidak tahu persis tentang obat-obatan yang menjadi standar di negara indonesia. Mungkin kandungan obatnya sama, tetapi memiliki nama yang berbeda.

Obat Herbal

Ramuan herbal bisa menjadi alternatif untuk mengobati penyakit kuning. Sebelum menggunakan ramuan herbal, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter yang ahli.

1). Madu

Madu selain rasanya manis yang dapat memberi tenaga dapat pula untuk mengobati hati yang mengalami infeksi. Di dalamnya mengandung banyak zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh.

2). Propolis

Propolis merupakan air liur dari lebah yang dapat berfungsi sebagai anti-radang bagi penyakit.

3). Temulawak

Temulawak mengandung zat yang bernama kurkumin yang dapat dijadikan sebagai anti-radang.

Sebagian orang menganggap bahwa jamu atau herbal yang diminum selama kehamilan dapat menyebabkan kandungan menjadi terlihat kotor. Kenyataannya memang demikian. Akan tetapi, hal itu bukanlah menjadi masalah, tetapi sebaliknya dapat membantu kesehatan selama hamil dan lancarnya proses melahirkan.
Kesimpulan

Penyakit kuning dapat timbul ketika wanita mengalami kehamilan, tergantung kondisi kesehatan calon ibu sebelum dan selama masa kehamilan. Peran suami dan dokter menjadi penting, yang diharapkan dapat menolong segala kesulitan yang dialami oleh wanita hamil yang menderita penyakit kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *